• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Syarat Pendaftaran JPS Kemnaker

    15/10/20, 08:52 WIB Last Updated 2020-10-15T01:52:23Z
    Kementerian Ketenagakerjaan meluncurkan program pengembangan dan perluasan kesempatan kerja lewat Jaring Pengaman Sosial. Berikut detailnya.
    Kementerian Ketenagakerjaan meluncurkan program pengembangan dan perluasan kesempatan kerja lewat Jaring Pengaman Sosial. Ilustrasi bursa kerja. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).

    JAGUARNEWS77.com # Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) meluncurkan program pengembangan dan perluasan kesempatan kerja, yakni Jaring Pengaman Sosial (JPS). Tujuannya, meringankan beban masyarakat dan pekerja yang terdampak pandemi covid-19.


    "Pandemi covid-19 tidak hanya berdampak pada persoalan kesehatan, tetapi juga melemahkan perekonomian yang ditandai dengan penurunan produksi, pengurangan tenaga kerja, serta penurunan daya beli masyarakat," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam keterangan resmi, Senin (5/10).


    Serupa dengan program bantuan sosial lainnya, Kemenaker mencantumkan syarat untuk program JPS Kemenaker ini. Ia mengungkapkan program JPS Kemenaker terdiri dari dua program, meliputi Tenaga Kerja Mandiri (TKM) dan program padat karya.


    Pertama, program Tenaga Kerja Mandiri bertujuan menciptakan wirausaha yang mampu menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat melalui kegiatan pemberdayaan dan berkelanjutan.


    "Program penciptaan wirausaha ini bertujuan menciptakan lapangan kerja atau usaha bagi masyarakat melalui kegiatan pemberdayaan dan berkelanjutan," ucapnya.


    Kedua, program padat karya. Program ini merupakan program pemberdayaan masyarakat yang menyasar para penganggur dan setengah penganggur.


    Bentuk programnya sendiri, yaitu kegiatan pembangunan fasilitas umum dan sarana produktivitas masyarakat dengan melibatkan banyak tenaga kerja.


    Menurut Ida, kedua program itu merupakan stimulus bagi masyarakat pelaku industri kecil untuk meningkatkan kreativitas dalam memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia di sekitar.


    Penerima bantuan tersebut akan mendapatkan pembekalan pelatihan berkelanjutan didampingi langsung oleh Kemenaker.


    "Kedua program tersebut juga guna mendukung produk-produk kreatif industri kecil yang pada akhirnya dapat membantu masyarakat survive di masa covid-19, bahkan menjadi kekuatan ekonomi baru di daerah," ujarnya.


    Per 2 Oktober, Kemenaker melalui Direktorat Pengembangan dan Perluasan Kesempatan Kerja telah menyalurkan bantuan program TKM kepada 1.985 kelompok wirausaha dengan melibatkan 39.700 orang.


    Kemenaker juga telah menyalurkan bantuan kepada 1.091 kelompok padat karya dengan melibatkan 21.820 orang.


    Sumber : cnn indonesia

    Oleh      : Redaksi jaguarnews77.com

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini