• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Aceh Di Guncang Gempa, Cek Potensi Tsunaminya

    09/10/20, 16:13 WIB Last Updated 2020-10-09T09:13:26Z


    JAGUARNEWS77.com # Aceh Singkil - Gempa berkekuatan 4.5 Skala Richter mengguncang Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, Jumat (9/10/2020). Gempa ini tidak memicu potensi tsunami. 


    Kepala Stasiun Geofisika BMKG Aceh Besar Djati Cipto Kuncoro mengatakan, gempa bumi tektonik ini terjadi pada pukul 12.57.40 WIB. 


    "Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi memiliki parameter dengan magnitudo M=4.5 dengan episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.22 LU dan 97.57 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 29 km Barat daya KAB-ACEHSINGKIL pada kedalaman 27 km," kata Djati. 


    Dia menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas subduksi yang terjadi di Pantai Barat Pulau Sumatera. 


    "Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Singkil, Subulussalam, Pulau Banyak III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu); Kabanjahe dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)," ujarnya. 


    Namun, kata Djati, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.   


    "Hingga pukul 13:50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," tambah Djati. (Foto: Istimewa)


    Sumber : rri.co.id

    Oleh      : Redaksi jaguarnews77.com

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini