• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Iklan 928 X 200 Pixel

    Aceh Selatan Dikepung Banjir, Ratusan Rumah Terendam

    28/07/20, 13:48 WIB Last Updated 2020-07-28T06:52:57Z


    "Banjir melanda Aceh Selatan pada malam tadi sekitar pukul 21.00 WIB," kata kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Sunawardi di Banda Aceh, Selasa (28/7/2020). 


    Menurut update pada hari ini, jelas Sunawardi, banjir masih merendam sejumlah desa di empat kecamatan, yaitu kecamatan Kluet Tengah, Kluet Timur, Kota Bahagia dan Trumon Tengah.


    "Banjir disebabkan karena hujan yang mengguyur Aceh Selatan dari sore kemarin hingga menyebabkan bertambahnya intensitas air sungai dan drainase permukiman masyarakat sehingga mengakibatkan terjadinya banjir," ujar Sunawardi. 


    Menurut Sunawardi, banjir terparah berada di Kecamatan Kota Bahagia yang terdampak pada 10 desa. Sementara di Kecamatan Kluet Tengah dilaporkan satu rumah mengalami kerusakan dengan kondisi rusak berat akibat diterjang arus banjir. 


    Menurut laporan dari BPBD Aceh Selatan, banjir yang berdampak di Desa Teungoh Kecamatan Trumon Tengah ada 40 unit rumah tergenang. Sementara di Kecamatan Kota Bahagia Desa Alur Dua Mas ada 259 Unit rumah tergenang banjir. Desa Beutong 84 Unit rumah tergenang banjir. Desa Gunong Rayek ada 100 unit rumah tergenang banjir. 


    Kemudian di Desa Gunong Cut ada 34 Unit rumah tergenang banjir. Di Desa Jambo Keupok ada 40 Unit rumah tergenang banjir. Kemudian di Desa Seuneubok Keuranji ada 117 Unit rumah tergenang banjir dan Desa Ujong Tanoh ada 237 Unit rumah tergenang banjir. Sejumlah desa lainya masih dalam pendataan petugas. 


    "Korban yang terdampak di Kecamatan Kota Bahagia sebanyak 871 kepala keluarga dari 3819 jiwa," rinci Sunawardi. 


    Sunawardi menyatakan, kondisi terkini di sejumlah desa banjir sudah mulai surut. Sementara tim BPBD sudah berada di lokasi banjir untuk melakukan penanggulangan terhadap korban yang terdampak dan menyalurkan bantuan.


    Berikut sejumlah desa yang terdampak banjir di Aceh Selatan :  


    - Kecamatan Trumon Tengah1. Desa Teungoh2. Desa Pulo Paya3. Desa Ladang Rimba.


    - Kecamatan  Kluet Timur1. Desa Lawe Bulu Didi2. Desa Lawe Cimanok3. Desa Lawe Sawah. 


    - Kecamatan Kluet Tengah1: Desa Siurai-urai


    - Kecamatan Kota Bahagia1: Desa Alur Dua Mas2. Desa Beutong3. Desa Bukit Gadeng4. Desa Rambong5. Desa Gunong Rayek6. Desa Gunong Cut7. Desa Jambo Keupok8. Desa Seuneubok Alur Buloh9. Desa Seuneubok Keuranji10. Desa Ujong Tanoh


    Sementara itu, BMKG Stasiun Meteorologi Blang Bintang Aceh Besar melaporkan sejumlah wilayah di Aceh masih berpotensi hujan hingga malam nanti.


    "Update peringatan dini cuaca Provinsi Aceh tanggal 28 Juli 2020 pukul 07.15 WIB. Masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang  di wilayah Simeulue, Aceh Utara, Lhokseumawe, dan sekitarnya. Dan dapat meluas ke wilayah Aceh Jaya dan sekitarnya," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Blang Bintang Aceh Besar Zakaria Ahmat dalam keterangannya yang diterima RRI.


    Sumber : rri.co.id

    Oleh      : Redaksi jaguarnews77.com

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini