• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Pungli di Rutan KPK Sangat Terstruktur

    23/01/24, 18:08 WIB Last Updated 2024-01-23T11:08:32Z


    JAGUARNEWS77.com // Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan, proses terjadinya pungli di rutan lembaga antirasuah terebut sangatlah terstruktur. Bahkan, Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menyebut, ada yang mengkoordinasikan pungli tersebut.


    "Saya ingin sampaikan ini sangat terstruktur karena ada yang bertindak sebagai lurahnya, koordinator di masing-masing hunian. Kemudian ada pengepulnya, rekening-rekening yang digunakan bukan rekening dari orang-orang yang ada di Rutan Cabang KPK," kata Ali digedung Merah Putih KPK, Selasa (23/1/2024).


    Oleh karena itu, kata Ali, KPK berkomitmen menangani kasus pungli ini dengan serius. Ia berjanji hal serupa tidak akan terjadi di lembaganya.


    "Ini artinya memang sangat terstruktur. Sehingga sangat serius kemudian kami menuntaskan kejadian yang ada di Rutan Cabang KPK," katanya.


    Bahkan, kata Ali, penyelidik harus melakukan pemeriksaan di Jakarta, Bekasi, Kalimantan Timur, dan di beberapa tempat-tempat lain. Serta, para tahanan yang diduga terlibat dalam proses-proses kecurangan di Rutan Cabang KPK juga diperiksa.


    Dewas KPK sendiri menjadwalkan pembacaan putusan dugaan pelanggaran etik terkait praktik pungli di Rutan KPK Februari mendatang. "Putusannya nanti tanggal 15 (februari)," kata Anggota Dewas KPK, Albertina Ho, Senin (22/1/2024).


    Albertina mengatakan, saat ini pihaknya telah meminta keterangan terhadap 18 orang terlapor dalam sidang etik pungli di Rutan KPK. Dewas KPK berkomitmen untuk segera merampungkan proses etik tersebut.


    Dewas KPK menegaskan bahwa dugaan pungli yang terjadi di rutan KPK sangatlah besar. Bahkan, nominal pungli itu sekitar Rp. 6,1Milyar


    Albertina menjelaskan, penerimaan pungli terjadi sangat bervariasi. Mulai dari Rp1 juta sampai Rp514 juta.


    Artikel ini telah tayang di rri.co.id dengan judul :"Pungli di Rutan KPK Sangat Terstruktur"(Red)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini