• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Kemenkeu Lelang Barang Rampasan Hasil Korupsi

    14/12/23, 11:15 WIB Last Updated 2023-12-14T04:15:01Z
    Kemenkeu Lelang Barang Rampasan Hasil Korupsi
    Seorang peserta lelang sedang melihat badan rampasan hasil gratfikasi dan korupsi yang dilelang oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (Foto:Dok/Kemenkeu)

    JAGUARNEWS77.com // Jakarta - Kementerian Keuangan melalui Ditjen Kekayaan Negara (DJKN) melelang 32 lot Barang Milik Negara (BMN) dari hasil gratifikasi. Serta 22 lot barang rampasan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

    Lelang dilaksanakan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III dalam rangkaian Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2023. Kegiatan lelang ini merupakan sinergi antara kementerian dan KPK dalam upaya pemberantasan korupsi


    "Adapun barang gratifikasi yang dilelang antara lain Konsol Game PS 5, tas dan  jam tangan mewah, logam mulia dan cincin bermata berlian. Barang-barang tersebut merupakan barang gratifikasi yang diterima oleh pegawai negeri atau penyelenggara negara dan dilaporkan ke KPK," kata Kepala Subdirektorat Pengelolaan Kekayaan Negara III DJKN Swastiko Purnomo dalam kegiatan lelang yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (13/12/2023)


    Menurut Swastiko, KPK telah menetapkan barang-barang eks gratifikasi itu menjadi BMN dan diserahkan ke DJKN. Oleh DJKN dikelola dengan mekanisme penjualan melalui lelang yang hasilnya menjadi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).


    "Selain dilelang, BMN yang berasal dari barang gratifikasi dapat dikelola dalam bentuk Penetapan Status Penggunaan (PSP). Pemanfaatannya untuk menunjang tugas dan fungsi Kementerian/Lembaga, pemusnahan atau penghapusan, serta hibah," ujar Swastiko.


    Lelang dilakukan dengan kehadiran peserta lelang dan dengan cara penawaran tertutup tanpa kehadiran peserta lelang. Swastiko menyampaikan penghargaannya pada peserta lelang, karena telah ikut upaya pemberantasan korupsi dan berkontribusi pada PNBP.


    Dalam lelang dengan kehadiran peserta lelang, terdapat 162 setoran uang jaminan untuk 21 lot barang. Dari lelang ini, 17 lot barang laku terjual dengan total harga  Rp61,8 juta.


    Sementara untuk lelang dengan penawaran secara tertutup, terdapat 158 setoran uang jaminan untuk 17 lot barang. Barang rampasan yang dilelang antara lain, kendaraan roda 4 dan roda 2, jam tangan dan tas mewah, handphone, dan sepeda listrik. 


    Lelang secara tertutup berhasil menjual 17 lot barang barang rampasan. Total harga lelang sebesar Rp1,7 miliar. 


    Artikel ini telah tayang di rri.co.id dengan judul : Kemenkeu Lelang Barang Rampasan Hasil Korupsi (Red)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini