JAGUARNEWS77.com // Jakarta - Kapuspen Kemendagri Benni Irwan mengatakan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin langsung sidang Tim Penilai Akhir (TPA). Dalam sidang TPA itu, profil seluruh kandidat pejabat (Pj) gubernur akan diseleksi secara detail.

"Sidang TPA dipimpin Presiden Jokowi, dihadiri wapres, menteri, dan lembaga terkait. Nanti dibahas lebih dalam proses pra penilaian TPA, mendapatkan profil yang jelas dari setiap nama," kata Benni saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (13/7/2023).

Dari proses itu, Benny berharap, terjaring tiga nama untuk menjadi kandidat Pj gubernur setiap provinsi. "Nanti dibahas lebih lanjut di forum tersebut untuk memutuskan," ucap Benny.

Lebih lanjut, Benny mengaku, Mendagri Tito Karnavian berharap nama-nama kandidat sudah terjaring dalam 30 hari ke depan. Sehingga, akhir Juli 2023, nama-nama kandidat sudah terkumpul dan segera dibahas pada Agustus 2023.

"Pak Mendagri sesuai arahan Presiden Jokowi berharap agar nama-nama kandidat sudah ada di akhir Juli. Kemudian, di Agustus sudah punya waktu untuk membahas," ujar Benny

Berikut 10 gubernur yang habis masa jabatannya September 2023:

1. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
2. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
3. Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi
4. Gubernur Bali I Wayan Koster; dan
5. Gubernur Papua Lukas Enembe
6. Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi
7. Gubernur NTT Viktor Laiskodat
8. Gubernur NTB Zulkieflimansyah
9. Gubernur Kalbar Sutarmidji
10. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

(Sumber : rri.co.id/Red)