JAGUARNEWS77.com // Kendari, Sulawesi Tenggara - Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara dilaporkan mengalami keracunan massal. Mereka merasakan kepala pusing, perut sakit, dan mual.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari Rahminingrum menduga, mereka keracunan setelah makan soto ayam bersama. "Untuk gejala dari para pasien tersebut mulai dari pusing, sakit perut, mual, muntah, mencret hingga lemas," kata Rahminingrum, Senin (19/6/2023) malam.

Rahminingrum menjelaskan, puluhan ASN keracunan makanan tersebut sedang mengikuti ujian kenaikan pangkat. Tepatnya di Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BPSIP) di jalan Prof. M. Yamin, Puuwatu, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari.

“Saat itu juga, para ASN yang kercunan dibawa ke Puskesmas Puuwatu sebanyak 21  orang. Karena mengalami keluhan pusing, mual dan muntah,” kata Rahminingrum.

Selain ke puskesmas, 10 ASN lainnya juga dibawa ke Klinik Sarlina Saf. Sementara itu, Polresta Kendari saat ini masih menyelidiki penyebab pasti keracunan massal ASN kota Kendari usai makan soto ayam.

“Kami telah melakukan langkah-langkah penyelidikan. Sampel makanan dan muntahan yang akan diperiksa di laboratorium forensik,” ujar Kasat Reskrim Polresta Kendari AKP Fitrayadi, Selasa (20/6/2023).

Diungkapkan, ada beberapa barang bukti  dijadikan sampel oleh penyidik Polresta Kendari. Di antaranya muntahan korban, air kuah soto ayam dan lontong ayam  bersumber dari salah satu katering makanan di Kota Kendari. Sumber : KBRN/Red