• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Sadar Akan Kebugaran Fisik Kodim 0601/Pandeglang Giat Garjas Dalam Samapta Periodik I Tahun 2023

    11/05/23, 12:50 WIB Last Updated 2023-05-11T05:50:29Z

    JAGUARNEWS77.com// Pandeglang - Kodim 0601/Pandeglang melaksanakan kegiatan Tes Kesamaptaan jasmani Periodik I tahun 2023 untuk mengetahui sejauh mana tingkat kesegaran jasmani (Garjas) para prajurit untuk mendukung pelaksanaan tugas dilapangan, Kamis (11/05/23)

    Garjas periodik ini merupakan program rutin yang dilaksanakan, dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit, sekaligus mengukur kemampuan kesamaptaan jasmani secara berkala. Hal tersebut disampaikan Pasi Ops Kodim 0601/Pandeglang Kapten Inf. Suptiatin

    “Mekanisme kegiatan Garjas Samapta meliputi Samapta A dan B. Samapta A yakni lari selama 12 menit dan tes kesegaran B meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up selama 1 menit serta Shuttle Run (Lari angka delapan) di hari berikutnya kita laksanakan uji ketangkasan berenang, “terang Kapten Inf. Supriatin.

    Pelaksanaan kegiatan Samapta A dan B dilaksanakan di Stadion Badak selama 2 hari tanggal 11 dan 12 Mei 2023 sedangkan untuk ketangkasan renang dilaksanakan pada hari senin tanggal 15 Mei 2023 bertempat dikolam renang Apya Raharjda Yonif Mekanis 320/ Badak Putih.

    Sementara itu Kajasrem 064/Maulana Yusuf Kapten inf Dodik Hardianto menyampaikan, para anggota yang akan melaksanakan garjas diwajibkan terlebih dahulu melaksanakan cek pemeriksaan kesehatan pengukuran tensi tekanan darah oleh tim kesehatan dari Denkesyah 03.04.04 Serang. Hasil tensi yang dinyatakan memenuhi syarat oleh tim medis dapat mengikuti garjas dan yang tidak memenuhi syarat tidak bisa mengikuti kegiatan. Hal tesebut dilakukan untuk meminimalisir kejadian yang tidak diharapkan.

    “Laksanakan kegiatan ini dengan baik dan benar sesuai dengan instruksi yang telah disampaikan, jika tidak kuat jangan terlalu dipaksakan karena yang bisa mengukur kemampuan adalah pribadinya masing-masing dan yang merasa sakit segera lapor, “Tegasnya.

    Komandan Kodim (Dandim) 0601/Pandeglang Letkol Inf. Jani Setiadi melalui Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Inf. Ruiyat menyampaikan kepada seluruh anggota yang melaksanakan garjas untuk selalu menjaga faktor keamanan dan keselamatan agar dalam melaksanakan kegiatan berjalan lancar dengan mengukur kemampuan fisik masing-masing anggota.

    Pembinaan fisik yang dilakukan secara rutin sangat membantu dalam melaksanakan tes garjas kapanpun dilaksanakan. Namun demikian, garjas memiliki konsekuensi dan risiko bagi prajurit, dengan pengertian jika menginginkan target nilai yang memuaskan, maka setiap perorangan harus melatih dirinya dengan sungguh-sungguh untuk menghindari cedera atau hal-hal yang menyebabkan kerugian personel.

    “Tes kesegaran jasmani ini merupakan kewajiban bagi setiap prajurit dan tes kesegaran jasmani ini merupakan program TNI AD yang harus dilaksanakan setiap prajurit TNI AD. Karena itu, seluruh prajurit perlu selalu membina fisiknya dengan baik serta memanfaatkan kegiatan pembinaan fisik di satuan,” terangnya.
    Beliau juga menambahkan “Kegiatan garjas periodik yang dilaksanakan ini dapat mengetahui sampai sejauh mana pembinaan yang dilakukan oleh satuan, sekaligus sebagai bahan evaluasi untuk program ke depan,” pungkasnya.
    (Bardha K)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini