JAGUARNEWS77.com // Jakarta - Para pemain Timnas Indonesia U-22 dipastikan tidak dapat menikmati waktu lebaran Idulfitri bersama keluarga. Waktu lebaran yang berdekatan dengan keberangkatan menuju SEA Games Kamboja membuat PSSI meminta pemain bertahan di pemusatan latihan.


“Jadi anak-anak tidak kita berikan libur, mengingat kita tanggal 24 (April) sudah harus berangkat ke Kamboja. Sehingga tidak ada waktu lagi melepas pemain ke keluarga,” ucap Manajer Timnas Indonesia U-22, Sumardji saat memantau latihan tim di Lapangan A Senayan pada Rabu (5/4/2023).


Selain jadwal keberangkatan, Sumardji mengkhawatirkan kondisi para pemain jika harus dipulangkan untuk lebaran. Dikhawatirkan akan mempengaruhi hasil latihan yang selama ini mereka lakukan.


“Pertimbangannya ketika nanti dilepas walau itu hanya sehari saya khawatir, karena ini adalah momen-momen lebaran nanti lepas kontrol. Makannya nanti salah dan lain sebagainya, akan jadi masalah buat tim,” ujarnya menambahkan.


Sumardji menilai, membela Timnas Indonesia adalah kesempatan langka bagi para pemain. Sehingga anggota Komiet Eksekutif PSSI ini berharap, para pemain mau rela berkorban untuk keberhasilan bersama.


“Karena ini untuk membela bangsa dan negara, saya kira kesempatan seperti ini sangat luar biasa untuk didapatkan anak-anak. Maka mereka harus mau menerima, keadaan seperti ini, kalau mau juara harus rela berkorban demi bangsa dan negaranya,” kata Sumardji.


Karena pemain tidak dipulangkan, PSSI berencana untuk mendatangkan keluarga mereka. Menurut Sumardji, menghadirkan keluarga pemain akan membantu menguatkan mental pemain.


“Saya upayakan keluarga kita fasilitasi untuk datang ke Hotel Sultan. Itu sudah resiko kita harus sama-sama menguntungkan, termasuk bagi keluarga pemain juga,” ucapnya.


“Nanti anak-anak karena tidak lebaran ke rumah, tidak ketemu sama keluarga nanti mentalnya drop. Itu salah satu solusi yang paling tepat, keluarganya yang kita ajak ke hotel,” ujar Sumardji menambahkan.


Indonesia menempati Grup A pada gelaran SEA Games 2023, bersama tuan rumah Kamboja, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Garuda Muda diperkirakan bertolak ke Kamboja pada 24 april 2023.


Penyisihan grup sendiri akan dimulai pada 29 April, amun upcara pembukaan SEA Games berlangsung pada 5 Mei 2023. Pesta olahraga Asia tenggara itu akan berlangsung hingga 17 Mei 2023. (Sumber : KBRN/Red)