JAGUARNEWS77.com // Moskow, Rusia - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, pertemuan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping membahas berbagai hal. Salah satunya negosiasi untuk mengakhiri pertempuran Rusia dan Ukraina.


"Kami selalu terbuka untuk negosiasi. Kami pasti akan membahas semua masalah ini, termasuk inisiatif Anda yang tentu saja kami perlakukan dengan hormat," kata Putin dilansir AFP, Senin (20/3/2023).


Xi Jinping dan Putin berkumpul untuk membahas Proposal China (makalah 12 poin yang dirilis bulan lalu) tentang konflik Ukraina. 12 poin itu mencakup seruan untuk dialog dan penghormatan terhadap kedaulatan teritorial semua negara.


Selama pertemuan pertamanya dengan Putin, Xi memuji hubungan dekat dengan Rusia. Sementara, Putin mengatakan, kedua negara memiliki banyak tujuan dan tugas yang sama.


Kantor berita negara RIA Novosti mengatakan, pembicaraan antara pemimpin Rusia dan Tiongkok berlangsung selama empat setengah jam. Keduanya akan bertemu lagi untuk pembicaraan formal pada hari, Selasa (21/3/2023).


Xi dan Putin berkumpul untuk membahas Proposal Tiongkok (makalah 12 poin yang dirilis bulan lalu) tentang konflik Ukraina. 12 poin itu mencakup seruan untuk dialog dan penghormatan terhadap kedaulatan teritorial semua negara.


Kunjungan Xi ke Rusia juga hanya beberapa hari setelah Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Putin. Atas tuduhan mendeportasi anak-anak Ukraina secara tidak sah. (Sumber : KBRN/Red)