JAGUARNEWS77.com // Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca di sejumlah wilayah di Indonesia, berlaku untuk Kamis (19/1/2023) ini.


Prakirawan BMKG Syndhy Indah Pratiwi mengatakan, cuaca di sejumlah kota di Pulau Sumatra didominasi hujan dengan intensitas ringan, yang diprakirakan terjadi di Kota Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, dan Tanjung Pinang. 


Sedangkan hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terdapat di kota Padang, Palembang, Pangkal Pinang dan Jambi. "Perlu diwaspadai hujan lebat diprakirakan terjadi di Kota Bandar Lampung," ujarnya.


Beralih ke Pulau Jawa, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Ibu Kota Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya. Sementara hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di Kota Serang dan Bandung. "Cuaca di kota Semarang diprakirakn berawan tebal," tambah dia. 


Hal ini berbeda dengan cuaca di Pulau Bali dan Nusa Tenggara. Menurut Syndhy, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Kota Denpasar dan Mataram, sementara hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di Kota Kupang.


Kemudian untuk cuaca di Pulau Kalimantan, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Kota Palangkaraya, Samarinda, dan Tanjung Selor. Sementara untuk Kota Banjarmasin dan Pontianak diprakirakan hujan dengan intensitas sedang. 


Menurut dia, hujan dengan intensitas sedang juga diprakirakan terjadi di sejumlah kota di Pulau Sulawesi, seperti Gorontalo dan Makassar. Lalu, hujan dengan intensitas ringan terdapat di kota Palu, Mamuju dan Kendari, sementara cuaca di Kota Manado diprakirakan berawan pada Kamis ini.


Sementara itu, sejumlah kota di Indonesia Timur seperti Ambon dan Jayapura, cuaca diprakirakan juga berawan. Sedangkan untuk Kota Ternate dan Manokwari diprakirakan hujan dengan intensitas ringan. (Sumber : KBRN/Red)