JAGUARNEWS77.com // Jakarta - Gunung Semeru kembali erupsi pada Minggu (18/12/2022) pukul 07.00 WIB. Ketinggian kolom abu vulkanik mencapai 700 meter dari puncak mahameru.


"Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah utara. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung," kata Petugas Pos Pantau Gunung Semeru Mukdas Sofian kepada wartawan, Minggu (18/12/2022). 


Pihaknya merekomendasikan warga tidak melakukan aktivitas apa pun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 kilometer dari pusat erupsi. Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan.


"Kita engingatkan warga tidak beraktivitas dalam radius 5 Km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru. Karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar)," ujarnya. 


"Mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava. Dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru," katanya. (Sumber : rri.co.id/Red)