• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Iklan 928 X 200 Pixel


    Diduga Poligami dengan Jaksa Agung, PNS Dilaporkan

    05/11/21, 08:17 WIB Last Updated 2021-11-05T01:17:55Z
    JAGUARNEWS77.com # Jakarta - Wakil Direktur Eksekutif Jaga Adhyaksa, Satria Surbakti melaporkan seorang PNS perempuan di lingkungan Kejaksaan Agung ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).
    PNS itu dilaporkan lantaran diduga menjadi istri kedua dari Jaksa Agung ST Burhanuddin. Selain itu, PNS perempuan tersebut juga diduga telah memiliki suami.


    Satria menjelaskan kondisi itu bertentangan dengan PP Nomor 45 tahun 1990 yang mengatur perkawinan atau perceraian PNS.


    "Kami melaporkan pelanggaran yang berkenaan dengan larangan bagi PNS, istri PNS untuk poligami. Kedua yaitu dugaan bahwa mereka itu ada di institusi yang sama yaitu Kejaksaan Agung," kata Satria saat dihubungi, Kamis (4/11).


    Dalam Pasal 4 PP Nomor 45 tahun 1990, PNS laki-laki yang akan beristri lebih dari satu wajib mendapat izin dari pejabat terkait. Sementara PNS perempuan tidak diizinkan berpoligami baik menjadi istri kedua, ketiga, atau keempat.


    Jika dugaan Jaksa Agung St Burhanuddin beristri pejabat PNS di lingkungan Kejaksaan Agung terbukti benar, maka PNS perempuan tersebut telah melanggar PP Nomor 45 tahun 1990.


    Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 tahun 2021 tentang Disiplin PNS, ada sanksi disiplin bagi PNS yang melakukan poligami dan bercerai. PNS yang melanggar ketentuan akan dijatuhi salah satu hukuman disiplin.


    Satria mengatakan sepasang suami istri berstatus PNS tidak boleh berada dalam lingkungan kerja yang sama. Sementara Jaksa Agung ST Burhanuddin diduga telah menikah dengan salah satu pejabat di lingkungan Kejaksaan Agung.


    "Tidak boleh seorang istri di ASN dalam satu lingkungan kerja yang sama. Itu nanti ada sanksi administratif," kata dia.


    Jaksa Agung ST Burhanuddin juga diduga melanggar Tap MPR Nomor XI tahun 1998 tentang Penyelenggaraan Negara Bersih dan Bebas KKN karena memiliki istri di lingkungan kerja yang sama.


    CNNIndonesia.com telah menghubungi Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak namun yang bersangkutan belum memberikan respons.


    Sementara itu, dihubungi terpisah Ketua Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto mengatakan akan menyelidiki laporan terkait status pernikahan ST Burhanuddin dan PNS perempuan di lingkungan Kejaksaan Agung.


    "Sesuai dengan aturan yang ada, kami akan klarifikasi dengan berbagai pihak. Kami harus kaji laporannya," kata Agus kepada wartawan di Kantor KASN.


    Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul : "Diduga Poligami dengan Jaksa Agung, PNS Dilaporkan" (Red) 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini