• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    HAMP Desa Karangpamidangan Tahun 2021 Menuai Masalah

    08/10/21, 21:07 WIB Last Updated 2021-10-08T14:07:52Z
    JAGUARNEWS77.com # Lebak, Banten - Hibah Air Minum Pedesaan (HAMP) yang dibangun di Desa Karangpamidangan Kecamatan Wanasalam, kabupaten Lebak, provinsi Banten menuai kritikan dari sebagian masyarakat kampung Cikarang, pasalnya ialah memprotes kebijakan ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang dianggap memasang pipa tidak tepat sasaran.


    Menurut keterangan salahsatu warga yang enggan disebut namanya, Kamis (23/09/) dia menjelaskan bahwa dia jelas terdaftar sebagai penerima manfaat dengan dibuktikan dengan stiker yang menempel di kaca rumahnya, namun entah kenapa yang dipasang justru malah orang lain yang tidak terdaftar.

     
    “Aneh saya,saya kan terdaftar sebagai manfaat tapi tidak dipasang, malah orang lain yang dipasang” ujarnya.


    Sementara ketua KSM Usma saat ditemui MEDIA menerangkan bahwa dia terjebak dalam program ini, dia menjelaskan bahwa didalam Rencana Anggaran Biaya (RAB), tertera paket Saluran Rumah (SR) sebanyak 62 paket namun anehnya di nota pembayaran justru ada 65 paket dengan harga per paket mencapai Rp 900.000 yang jauh lebih tinggi dengan harga pasaran.


    “Saya beli pipa sekitar 1500 M, karena kalau tidak, maka target 65 paket SR tidak akan terpasang dengan pipa yang tercantum di RAB, dan kalau saya paksakan memasang semuanya sesuai yang terdaftar dari awal yang jaraknya relatif lebih jauh, sekarang aja sudah melebihi dari RAB. Mau jual apa saya buat nombokinya,” ujar Usma.


    “Selain itu juga saya harus beli penampung air, semen, pasir, batu seplit, kWh dan yang lainya yang semuanya itu tidak ada di RAB, yang harus menghabiskan uang tidak sedikit” tambah Usma lagi.


    Jenis pekerjaan semacam itu seharusnya di RAB mencantumkan item material yang dibutuhkan sehingga pada saat pengerjaan program tersebut KSM tidak kelabakan dalam mengerjakan program, contoh pada jenis perpipaan di RAB hanya 351 M untuk piva HDPE 1″ dan piva HDPE ½” 281 M, sedangkan paktanya mencapai 1500 Meter untuk piva 1″.

     
    Sementara Sdr Komar selaku pendamping saat di konfirmasi pihak media melalui pesan WhatsApp nya tidak merespon dengan baik, seakan tidak peduli dengan permasalahan yang mencuat di masyarakat dan dialami oleh KSM selaku pelaksana pekerjaan.
    (BK/Red) 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini