• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Gerhana Matahari Cincin dapat Disaksikan Sore Ini

    10/06/21, 09:48 WIB Last Updated 2021-06-10T02:49:32Z


    JAGUARNEWS77.com # Jakarta - Pada Kamis (10/6/2021) ini  akan ada fenomena Gerhana Matahari Cincin Api. Fenomena itu terjadi karena Bulan menutupi pusat Matahari dan meninggalkan bagian luarnya membentuk cincin.


    Dikutip dari CNBCIndonesia.com, laporan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Negara (LAPAN) menyebutkan Gerhana Matahari Cincin ini hanya dapat disaksikan di wilayah Pulau Ellesmere dan Baffin (Kanada) serta Kawasan Siberia (Rusia).


    Kenampakan maksimal Gerhana tersebut akan terjadi pada pukul 17.43 WIB atau 18.43 WITA atau 19.43 WIT.


    Selain itu Gerhana Matahari Sebagian akan terlihat di Greenland, Islandia, Eropa, Rusia, negara-negara di Asia Tengah dan China bagian barat.


    Laman Timeanddate menuliskan Gerhana Matahari Cincin akan dimulai pukul 13:42 IST atau sekitar 15:12 WIB. Gerhana akan terjadi hingga pukul 18:41 IST atau 20:11 WIB.


    Untuk menyaksikannya, masyarakat diingatkan untuk menggunakan kaca mata gerhana. Sebab untuk menghindari ancaman kebutaan mata.


    NASA juga mengingatkan agar tidak langsung melihat ke matahari saat Gerhana berlangsung. Mata akan rusak secara permanen jika melakukan hal tersebut.


    Sayangnya Indonesia memang tidak kebagian penampakan fenomena tersebut. Namun ada sejumlah pihak yang menyelenggarakan live streaming saat Gerhana Matahari Cincin itu terjadi, dikutip dari laman Express, Selasa (8/6/2021).


    Time and Date akan menyelenggarakan live streaming di kanal Youtube. Royal Observatory Greenwich juga akan menyelenggarakannya melalui kanal Youtube dengan nama yang sama.


    Selain itu Dr. Gianluca Masi, kepala Virtual Telescope Project di Italia juga membuka live streaming saat Gerhana Matahari Cincin. Live Streaming diadakan di kanal Youtubenya bernama Gian Masi.(foto: AP/Wally Santana). 



    Sumber : rri.co.id

    (Red) 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini