• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Satgas: Jamaah Pulang Umrah Wajib Karantina di Asrama Haji

    12/11/20, 09:24 WIB Last Updated 2020-11-12T02:24:20Z
    Satgas Covid-19 menyebut jamaah umrah dengan hasil tes negatif wajib isolasi di faskes yang ditentukan pemerintah yakni Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.
    Asrama Haji Pondok Gede di Jakarta Timur. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)

    JAGUARNEWS77. com # Jakarta - Jemaah umrah dari Tanah Suci harus bersabar untuk bisa pulang ke rumah setibanya di Tanah Air. Mereka harus menjalani tes pemeriksaan sebagai langkah screening Covid-19 dan menjalanikarantina.


    Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan para jamaah harus menjalani proses screening Covid-19 selayaknya warga negara yang bepergian keluar negeri.


    Pihaknya telah menetapkan salah satu lokasi karantina, Asrama Haji Pondok Gede di Jakarta Timur.



    "Apabila tes menunjukkan hasil tes yang positif (Covid-19), maka jamaah akan dirujuk ke rumah sakit untuk memperoleh penanganan lebih lanjut. Sedangkan jamaah umrah dengan hasil tesnya yang negatif, maka wajib menjalani isolasi di fasilitas kesehatan yang ditentukan pemerintah," jelas Wiku, Selasa (10/11).


    Penyelenggaraan ibadah umrah di masa pandemi Covid-19 harus merujuk Keputusan Menteri Agama No. 719 Tahun 2020.


    Regulasi tersebut mengatur penyelenggara perjalanan ibadah umrah, harus memperhatikan mekanisme karantina dan calon jamaah, memperhatikan kuota pemberangkatan dan memperhatikan pelaporan keberangkatan, kedatangan dan kepulangan calon jamaah.


    Aturan ini menyangkut batasan usia, swab test, hingga disiplin protokol kesehatan sepanjang perjalanan dan ibadah. Protokol tersebut meliputi #ingatpesanibu untuk #pakaimasker#cucitangan pakai sabun, dan #jagajarak hindari kerumunan.


    Diketahui, pemerintah Arab Saudi sendiri membuka kuota visa sebanyak 10 ribu jemaah umroh untuk seluruh dunia. Kuota yang dimiliki Indonesia mencapai 800-1.000 jemaah per hari dan mulai berangkat pada 1 November lalu.


    Sumber : cnn Indonesia

    Oleh      : Redaksi jaguarnews77. com

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini