• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Iklan 928 X 200 Pixel

    P3-TGAI Kembali Bangun Irigasi Di Desa Cimentengjaya

    25/08/20, 11:45 WIB Last Updated 2020-08-25T05:19:37Z
    JAGUARNEWS77.com # Lebak, Banten - Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air (P3-TGAI) kembali dilaksanakan dengan pekerjaannya dilakukan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A),
    di masing-masing desa anggaran dari APBN yang di alokasikan kepada kelompok perkumpulan petani pemakai air dapat digunakan untuk pembangunan jaringan irigasi seperti perbaikan tanggul irigasi dan untuk meningkatkan kelancaran debit air irigasi tersebut termasuk juga pemberdayaan masyarakat.


    Salah satunya yang mendapatkan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air (P3-TGAI) adalah P3A dengan lokasi pembangunan irigasi di blok cikileuy kampung Panancangan Desa  Cimenteng jaya kecamatan cibadak kabupaten lebak provinsi banten, 25/08/2020.

    Sebagaimana di jelaskan Umbay Jaya Hadi ketua P3A blok cikileuy yang sedang melaksanakan salah satu kegiatan dari program perkumpulan petani pemakai air (P3A) sepanjang 600 m dalam kegiatan penerusan irigasi sebelumnya yang belum memenuhi harapan petani pemilik sawah atau kegiatan rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi sesuai ketentuan yang ada di masyarakat, bertujuan untuk meningkatkan kinerja irigasi desa guna kesejahteraan petani, peningkatan ekonomi masyarakat sekitar serta berkontribusi pada ketahanan pangan.
    "Perogram P3- TGAI yang di laksanakan oleh petani dan warga desa cimenteng jaya dengan di berikan upah di harapkan dapat menambah penghasilan mereka yang selama ini ekonominya sedang tidak menentu.
    Besar harapan saya jumlah uang yang beredar di desa juga meningkat sehingga menjadi stimulan pemulihan ekonomi lokal di tengan pandemi Covid- 19 ini.
    Kemudian dengan adanya P3- TGAI tentunya dapat di rasakan langsung hasilnya baik hasil panen padi maupun komoditi lainnya." pungkas Umbay.
     
    Selanjutnya dalam kegiatan pelaksanaan P3A di dampingi oleh tenaga pendamping masyarakat (TPM) program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat di pedesaan.


    Seperti di ungkapkan Suhendi
    “Agar petani di blok ini mengalami suatu peningkatan perekonomian terutama di bidang pangan yaitu padi, yang lebih baik dan peningkatan dari sebelumnya,” imbuhnya.

     
    Lebih lanjut“ Suhendi berharap Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air (P3-TGAI) terus berlanjut hingga
    hingga masyarakat petani dapat merasakan manfaat dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani dengan meningkatnya hasil panen,” tandasnya.

    Di sisi lain Dian Nurdiansyah selaku sporting staff menambahkan "program ini sangat bagus dan sangat baik, diharapkan dengan di bangunnya saluran air irigasi blok cikiley tersebut masyarakat.


    “Khususnya petani dapat mengatur debit air yang mengalir pada lahan sawah dan hasil panen dapat meningkat,” harapnya.


    Rohayati selaku warga desa cimentengjaya yang sawahnya berada dibatas bantaran sungai cisangu menuturkan
    "Saya berharap semoga dalam pembangunan ini berjalan lancar dan bisa bermanfaat bagi para petani di blok cikiley umumnya untuk masyarakat banyak.
    Karna selama ini Saya nyedot air dari sungai yang apabila mesin alkon di matikan maka airpun langsung habis tak bersisa, pungkasnya.


    Reporter : Bardha Khaswandha
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini