• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Lapas Kelas 1 Madiun intensifkan Sidak Dadakan

    27/12/23, 08:44 WIB Last Updated 2023-12-27T01:44:41Z
    JAGUARNEWS77.com // Madiun, Jawa Timur - Kamar warga binaan Lapas Kelas 1 Madiun kembali menjadi target penggeledahan pada malam hari, Selasa (26/12).

    Jajaran Kesatuan Pengamanan serta Seksi Keamanan dan Ketertiban Lapas Madiun menggeledah sejumlah kamar yang dihuni ratusan warga binaan. Seluruh warga binaan digeledah dan dikeluarkan dari kamar, sementara para petugas menggeledah badan dan seluruh bagian kamar.

    Kegiatan ini dilakukan oleh pihak Lapas Kelas 1 Madiun dalam rangka Lasatma Bersinar, Lapas bersih dari penggunaan handphone dan peredaran gelap narkotika di dalam Lapas,

    isu penggunaan handphone dan pengendalian peredaran gelap narkotika menjadi penanganan serius pihak Lapas Kelas 1 Madiun, jajaran petugas Lapas terus bekerja dengan menjalankan program, sistem dan mekanisme dalam mengantisipasi hal tersebut, melakukan inovasi, kerja sama dan berkolaborasi dengan stake holder dalam upaya pencegahan, pembinaan dan penindakan. Program Lapas Bersinar menjadi salah satu inovasi yang jadi unggulan Lapas Kelas I Madiun, mulai dari sidak internal secara rutin, sidak gabungan dengan APH, program rehabilitasi medis dan sosial dilaksanakan dengan konsisten, program vokasi yang bervariatif, penyediaan wartelsuspas yang dilengkapi sistem keamanan yang dengan mudah petugas dapat mengawasinya ditempatkan di beberapa lokasi strategis. Wartelsus ini menjadi sarana yang dapat dimanfaatkan oleh para WBP secara legal dengan ketentuan yang telah diatur Lapas. 

    Kadek Anton Budiharta selaku Kalapas Kelas 1 Madiun mengatakan bahwa pihaknya komitmen dalam mewujudkan Lasatma Bersinar (Lapas Kelas I Madiun bersih dari handphone dan Narkotika)

    "secara konsisten kita perang terhadap narkoba, Kamipun mengharapkan kerjasama dari berbagai stakeholder terus kita tingkatkan dan ketika ada laporan masyarakat mencuat, kami lakukan serangkaian pendalaman apakah ada oknum petugas ataupun WBP yang terbukti melanggar larangan di dalam lapas dan pasti kami tindak sesuai peraturan perundang-undangan" jelasnya.

    Sementara Kaffi sebagai Kepala Keamanan juga menambahkan bahwa menjelang Nataru jajaran pengamanan meningkatkan intensitas sidak dadakan di malam hari pada kamar-kamar yang ditempati warga binaan.

    "malam ini kami melakukan penggeledehan terhadap kamar-kamar warga binaan dengan tujuan untuk memastikan Lapas dalam kondisi aman dan terkendali dari segala bentuk pelanggaran, alhamdulillah sidak malam ini jajarannya tidak menemukan barang-barang terlarang seperti HP, sajam bahkan narkoba,tambahnya.

    Penggeledahan tersebut menjadi salah satu langkah preventif Lapas Kelas 1 Madiun untuk menjaga keamanan dan ketertiban di dalamnya. Sesuai dengan yang diamanatkan Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, Heni Yuwono, bahwa diperlukan komitmen, kosistensi dalam pencegahan gangguan keamanan di Satuan Kerja Pemasyarakatan, jajaran Lapas harus senantiasa menerapkan tiga kunci sukses pemasyarakatan’ pungkas Kaffi. (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini