JAGUARNEWS77.com // Serang, Banten - Arab Saudi sebagai tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Dewan Kerjasama Teluk (GCC)-ASEAN, mengkonfirmasi pelaksanaannya. Yaitu, pada 20 Oktober 2023 mendatang. 

“Semua yang kami dapat bahwa akan dilaksanakan pada 20 Oktober 2023. Tepatnya di Kota Riyadh,” kata Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal Abdullah Al-Amudi, usai berkujung ke kediaman pribadi Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara (Penata), Serang, Banten, Minggu (10/9/2023).

Faisal mengatakan, GCC berharap KTT bersama ASEAN, akan berdampak pada penguatan hubungan kerja sama berbagai bidang. Serta, akan berkontribusi pada stabilitas dan kesejahteraan di kedua kawasan. 

“Kami dari Kerajaan Arab Saudi menyambut semua upaya yang akan memperkuat hubungan dari dua kawasan. Yang akan mendatangkan manfaat dan stabilitas dan kesejahteraan untuk semua wilayah tersebut,” ujarnya. 

Arab Saudi resmi menandatangani Traktar Persahabatan dan Kerja Sama (TAC) bersama ASEAN. Di sela-sela pelaksanaan Pertemuan Para Menteri Luar Negeri (Menlu) ASEAN (AMM) ke-56, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (12/7/2023). 

Penandatanganannya dihadiri langsung oleh Menlu Arab Saudi, Faisal bin Farhan Al Saud. Usai penandatanganan TAC, hal itu menjadikan Arab Saudi sebagai negara ke-51 yang melakukan aksesi ke ASEAN. 

Selain, langkah tersebut mencerminkan komitmen kuat Arab Saudi mematuhi nilai-nilai dan prinsip-prinsip ASEAN. Sebagaimana diabadikan dalam TAC.  (Sumber : rri.co.id/Red)