• Jelajahi

    Copyright © JAGUARNEWS77.COM
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Total Tayangan Halaman

    More Post

    Pembangunan Sejumlah Proyek Strategis, Wujud Konkret Komitmen Pemerintah Majukan Kabupaten Fakfak

    Shendy Marwan
    14/07/23, 21:11 WIB Last Updated 2023-07-14T14:11:55Z

    Wapres KH. Ma'ruf Amin (dok.BPMI Setwapres)
     

    FAKFAK, JAGUARNEWS77.COM – Usai bertemu dengan para tokoh agama dan tokoh masyarakat Kabupaten Fakfak, Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin didampingi Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Pj. Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw, dan Bupati Fakfak Untung Tamsil menuju lokasi rencana pembangunan Taman Ruang Terbuka Hijau (RTH) Fakfak, di Jl. Dr. Salasa Namudat, Pantai Reklamasi Thumburuni, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, Jumat (14/07/2023).


    Sekitar pukul 11.10 WIT, Wapres tiba di lokasi rencana RTH Fakfak disambut oleh Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat, dan Kawasan Pemukiman Baharudin Hadalia.


    Selanjutnya, Wapres mendengarkan paparan dari Bupati Fakfak tentang rencana pembangunan Taman RTH dan progres pembangunan beberapa proyek prioritas di Kabupaten Fakfak, yaitu Proyek Pembangunan Bandara Siboru, Proyek Pembangunan Pasar Thumburuni, dan Proyek Kawasan Industri Pupuk Fakfak.



    Untung Tamsil menjelaskan, bahwa taman yang peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Wapres tersebut diberi nama Taman Ruang Terbuka Hijau K.H. Ma’ruf Amin. Taman RTH ini akan berfungsi sebagai ruang publik bagi masyarakat Fakfak sebagai kawasan hijau pertamanan dan rekreasi, sarana fasilitas berolahraga, pusat edukasi, dan pusat kegiatan masyarakat. Pemerintah daerah setempat juga berencana menjadikan Taman RTH ini sebagai kawasan car free day yang dapat dengan nyaman dimanfaatkan masyarakat terbebas dari kendaraan bermotor.


    Usai meletakan batu pertama, Wapres memberikan keterangan pers kepada awak media tentang proyek-proyek strategis yang akan dibangun di Kabupaten Fakfak.


    Wapres menyampaikan bahwa pembangunan bandara baru di Kabupaten Fakfak, yaitu Bandar Udara Siboru, sebagai wujud konkret pemerintah yang berkomitmen penuh dalam memajukan Kabupaten Fakfak, khususnya dalam mengembangkan investasi di kabupaten tersebut.


    “Soal pembangunan lapangan terbang sudah hampir selesai, dan insyaallah akan diresmikan oleh Bapak Presiden sekitar Agustus atau September [2023],” tutur Wapres dalam keterangannya kepada awak media.


    Selain itu, Wapres juga menyebutkan, akan ada kerjasama dengan PT Pupuk Kaltim untuk memenuhi kebutuhan pupuk di Kabupaten Fakfak serta pembangunan smelter dari PT Freeport Indonesia.


    “Kemudian Pupuk Kaltim, untuk memenuhi kebutuhan pupuk, khususnya di Kabupaten Fakfak dan sekitarnya. Dan juga direncanakan nanti akan membangun smelter dari Freeport rencananya di Fakfak ini,” jelasnya.


    Terakhir, Wapres mengungkapkan kegiatan yang baru saja dilakukan yaitu Peletakan Batu Pertama Pembangunan Taman Ruang Terbuka Hijau (RTH) K. H. Ma’ruf Amin yang diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Kabupaten Fakfak.


    “Dan barusan saya meresmikan proyek Taman RTH, Ruang Terbuka Hijau. Ini merupakan salah satu daya tarik untuk masyarakat,” tutupnya.


    Sementara, Bahlil Lahadalia menambahkan progres proyek-proyek pemerintah yang rencananya akan dibangun di Kabupaten Fakfak.


    “Bapak Presiden dan arahan dari Pak Wapres dalam Rapat Kabinet memindahkan pabrik Pupuk Kaltim dari Bintuni ke Fakfak. Itu atas arahan Bapak Presiden dan Pak Wapres dalam rangka pemerataan. Pemerataan pertumbuhan ekonomi,” jelas Bahlil.


    Dalam kesempatan tersebut, Wapres juga meninjau produk unggulan turunan pala yang menjadi keunggulan di Kabupaten Fakfak. Pala menjadi komoditas unggulan di Kabupaten Fakfak yang menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat. Potensi produksi pala sebagai produk primer penghasilan para petani ini dikenal dapat diolah menjadi beragam produk bahan baku industri rumah tangga.


    Di akhir acara, diberikan pula penyerahan simbolis bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai 40 juta rupiah dan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa 2000 bibit pohon pala kepada pelaku usaha di Kabupaten Fakfak.


    Hadir pula mendampingi Wapres dalam acara ini, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Velix Wanggai, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono Wahjoe Sedjati, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah, Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas, Tim Ahli Wapres Farhat Brachma dan Johan Tedja Surya, serta Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional Moh. Mahdum. (Red)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini