JAGUARNEWS77.com // Jakarta - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan pihaknya saat ini fokus untuk memerangi peredaran pakaian bekas impor. Dalam hal ini, Kemendag akan menggandeng Bareskrim Polri untuk menjaring pelaku impor pakain bekas secara ilegal.


Rencananya, kedua pihak akan memusnahkan 7.000 balpres (karung padat) pakaian bekas impor di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (27/3/2023). "Nilainya diperkirakan mencapai Rp80 miliar," kata Zulkifli, Senin (27/3/2023).


Menurut Mendag, pakaian bekas yang dimusnahkan itu masuk ke Indonesia melalui jalur ilegal. "Barang-barang tersebut diselundupkan melalui jalur tikus," ucapnya.


Padahal, pemerintah telah melarang impor barang bekas, mulai dari pakaian hingga kompor. "Penyelundupan inilah yang saat ini kita perangi," kata Zulkifli.


Sedangkan para pedagang pakaian bekas impor yang kehilangan penghasilan akan dibina oleh Kementerian Koperasi dan UKM. Mereka akan dialihkan usahanya untuk menjual pakaian produksi dalam negeri yang harga dan mutunya tidak kalah saing. (Sumber : KBRN/Red)