JAGUARNEWS77.com // Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut pemberian bantuan sosial (bansos) menjelang puasa dan lebaran untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok. Penerima bansos tersebut akan menerima bantuan tersebut mulai dari Maret hingga Mei 2023. 


“Harapannya masyarakat tidak kekurangan beras dan tidak terdampak harga. Pemerintah memberikan bantuan ke penerima keluarga manfaat,” kata Direktur Anggaran Bidang Perekonomian dan Kemaritiman (DJA Kemenkeu), Chalimah Pujihastuti, saat berbincang dengan Pro3 RRI, Senin (13/3/2023).


Menurutnya, penyaluran bansos berupa beras tersebut berasal dari gudang Bulog. Beras akan dikemas dalam bentuk kemasan 10 kilogram nantinya. 


“Jadi masing-masing KPM akan terima 30 kilogram selama tiga bulan. Mekanisme berasnya dari Bulog,” katanya. 


Pemerintah menyiapkan bansos pangan menjelang puasa dan lebaran untuk masyarakat yang membutuhkan sekitar 21,6 juta warga. Bantuan dikucurkan sebagai upaya menjaga kestabilan harga bahan pokok sebagai dampak persiapan puasa dan lebaran.


Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, bantuan diberikan selama tiga bulan yaitu Maret, April dan Mei 2023. Namun, ia tidak merinci tanggal pasti penyalurannya. (Sumber : KBRN/Red)