• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Kades Padaherang, Ade Hermawan : Soal Proyek Tanpa Plang Kami Hanya Menggelar Material

    12/11/22, 17:25 WIB Last Updated 2022-11-12T10:25:38Z
    JAGUARNEWS77.com // Pandeglang, Banten, - Maraknya Proyek tanpa menggunakan Papan Nama yang ditemukan Wartawan dari kegiatan jurnalistik diantara di Desa Padaherang Kecamatan Angsana dan juga wilayah Kecamatan Munjul tepatnya di Desa Cibitung menimbulkan tanda tanya besar dan sangat janggal.


    Kejanggalan tersebut dalam proses yang relatif tertutup padahal transparansi kepada publik sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan.


    Hal itu menjadi sorotan kontrol Sosial baik Wartawan, Aktivis, LSM yang tergabung dalam Pemerhati Pembangunan Pandeglang (PPP).


    kepada wartawan dalam statementnya, salah satu Aktivis Peleton Pemuda yang tergabung dalam (PPP) mengatakan bahwa proyek tanpa papan nama patut untuk disoroti.


    "Gedung Isoman di Desa Cibitung dan Proyek Pengerasan Jalan di Desa Padaherang patut disorot. Hal itu tidak menutup kemungkinan ada permainan kongkalikong pemerintah desa yang ikut berkecimpung di dalam pelaksanaannya," terang Doris.


    Ia menilai anggaran proyek semisal kegiatan Pengerasan jalan jika itu berasal dari dana pemerintah wajib proses nya transparansi kepada publik.


    "Apalagi informasi dari warga sekitar material proyek selaku pengadaannya difasilitasi kepala desa harusnya wajib memberikan contoh baik kepada publik jangan tutup mata seolah ada indikasi kongkalikong," paparnya.


    Selain itu, pada pembangunan gedung isoman di Desa Cibitung Kecamatan munjul juga terindikasi ada MarkUp anggaran sehingga pihak pengelola kegiatan sengaja tidak memasang papan nama kegiatan.


    "Mungkin jika papan nama kegiatan terpasang publik akan dapat menilai, dan curiga anggaran dan jenis kegiatannya yang tidak sebanding," tutur Doris.


    Terpisah kepala desa Padaherang Kecamatan Angsana, Ade Hermawan saat dikonfirmasi lewat pesan WhatsApp mengatakan bahwa dirinya hanya membantu menggelar material batu untuk pengerasan jalan tersebut.


    "Kami hanya sebatas membantu menggelar material batu karena ini bukan pekerjaan desa namun swakelola UPT PU," dalihnya.


    Ketika ditanya soal material yang digunakan dalam proyek pengerasan pengadaan dari Kepala Desa dirinya mengaku hanya memfasilitasi warganya.


    "Kalo untuk pengadaan material batu bukan saya tapi warga yang saya fasilitasi dengan pihak UPT," singkat Ade Hermawan dalam hak jawab klarifikasi.

    @Djemi ( Kabiro pandeglang)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini