• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Iklan 928 X 200 Pixel


    Bupati dan Kadinkes Kalah Power!!! Kepala Puskesmas Batu Basa Padang Diduga Bermasalah Tetap "Bercokol" Pada Jabatannya

    30/10/21, 21:17 WIB Last Updated 2021-10-30T14:19:56Z
    JAGUARNEWS77.com # Padang Pariaman, Sumbar - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) merupakan tempat awal dalam pelayanan kesehatan masyarakat sudah selayaknya seluruh personil yang ada di Puskesmas tersebut saling support dan tercipta suasana kerja yang aman dan nyaman. 


    Apa jadinya bila personil Puskesmas sudah tidak saling support dan sudah tidak tercipta dunia kerja di Puskesmas yang nyaman? Jelas hal ini akan berpengaruh kepada pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 


    Hal ini terjadi di sebuah Puskesmas yaitu Puskesmas Batu Basa Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat. Situasi kondisi serta suasana kenyamanan kerja sudah dirasa kurang kondusif karena adanya suatu permasalahan yang sudah bertahun tahun berjalan tanpa ada solusinya. 


    Pantauan tim media ini dan hasil wawancara dengan beberapa orang staff Puskesmas tersebut yang tidak bersedia disebutkan namanya mengatakan bahwa seluruh personil Puskesmas Batu Basa sudah tidak nyaman atas kepemimpinan sang Kepala Puskesmas dan menginginkan pergantian Kepala Puskesmas yang telah menjabat selama 8 tahun ini tetapi hingga saat ini masih bercokol pada jabatannya. 

    Permintaan penggantian Kepala Puskesmas ini bukan tanpa sebab melainkan karena beberapa hal yang telah dituangkan dalam kesepakatan seluruh staff Puskesmas diantaranya : 


    1. Tidak adanya transparansi keuangan Puskesmas
    2. Adanya pemotongan anggaran BOK 15%
    3. Adanya pemotongan dana Kapitasi 5% bagi seluruh staff Puskesmas
    4. Terjadi kendala dalam pembuatan SPJ
    5. Anak dari Kepala Puskesmas diberikan kerja di Puskesmas sebagai tenaga kontrak
    6. Lebih mementingkan program Puskesmas yang memiliki anggaran besar sedangkan yang memiliki anggaran kecil diabaikan
    7. Adanya pemotongan untuk TPP
    8. Tidak adanya kemajuan Puskesmas semenjak kepemimpinan Ka Puskesmas saat ini. 
    9. Pencairan yang berhubungan dengan keuangan diperlambat seperti pencairan uang bensin dan lain lain
    10. Kendaraan dinas (operasional) Puskesmas di pakai untuk keperluan pribadi dan keluarganya bukan untuk keperluan Puskesmas
    11. Setiap ada dinas luar anak dari kepala Puskesmas selalu di ikut sertakan serta untuk SPPD nya anak kepala Kapuskesmas tersebut menggunakan nama Kepala TU Puskesmas


    Semua permasalahan telah disampaikan oleh seluruh staff Puskesmas kepada Dinas Kesehatan setempat tetapi entah mengapa Dinas Kesehatan Dan Bupati setempat seperti "kalah Power" dengan sang Kepala Puskesmas Batu Basa tersebut yang hingga kini 8 tahun masih menjabat. 


    "Kami semua sudah tidak nyaman bekerja di Puskesmas ini karena kelakuan Kepala Puskesmas yang sudah sangat menyimpang, hal ini kamu rasakan sudah berdampak terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas yang kami berikan, kami telah menyampaikan keluhan kami dan alasan kami meminta Kepala Puskesmas untuk segera diganti kepada Dinas Kesehatan tapi kami ngga tahu ada apa sepertinya Dinkes dan Bupati kalah power dengan  Kepala Puskesmas yang satu ini terbukti sudah kami laporkan tapi tetap saja masih bertahan hingga saat ini telah 8 tahun, oleh karenanya kami minta perhatian dari semua pihak terkait agar apa yang kami semua sampaikan ini yaitu pergantian Kapuskesmas segera terealisasi dan Kapuskesmas tersebut bisa di periksa atas keuangan oleh Inspektorat dan Aparat Penegak Hukum (APH) agar kami bisa kembali nyaman dan maksimal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat " Ujar salah seorang perwakilan staff Puskesmas Batu Basa (tidak bersedia disebutkan nama) dengan nada emosi kepada awak media yang meliput. (Red) 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini