• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Iklan 928 X 200 Pixel

    Tanah Abang Siap Dibuka, Berlakukan Ganjil Genap

    07/06/20, 19:03 WIB Last Updated 2020-06-07T12:05:11Z


    JAGUARNEWS77.com # Jakarta - Pusat bisnis Pusat Grosir Blok A Tanah Abang, salah satu yang terbesar di Asia Tenggara, mulai dibuka kembali pada 15 Juni 2020 mendatang.


    Keputusan tersebut menindaklanjuti tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi fase 1 sampai 14 Juni 2020. Demikian pemberitahuan resmi yang dipasang pengelola PD Pasar Jaya di lokasi.


    "Jam operasional (pukul) 07.00-14.00 WIB," demikian dituliskan dalam pemberitahuan.


    Dalam masa transisi menuju Tatanan Kehidupan Baru, pembukaan kembali aktivitas bisnis di Pasar Tanah Abang akan mengikuti aturan Kios Buka Ganjil-Genap.


    Maksud kebijakan aturan kios tersebut adalah, untuk yang nomor genap akan buka di tanggal genap. Sementara yang nomor ganjil, buka di tanggal ganjil.


    Menanggapi rencana dibuka kembalinya Pasar Tanah Abang, Suhardi pemilik toko busana muslim di blok A mengutarakan sedikit pendapatnya. 


    Kawasan Pasar Tanah Abang masih tutup namun siap buka kembali pada 15 Juni 2020 mendatang (Miechell/KBRN)


    Dirinya mulai menuturkan dengan cerita bahwa toko miliknya sudah tutup sejak Maret 2020 lalu. Sehingga kerugian sudah tak terbilang lagi berapa jumlahnya.


    Bahkan ketika ditanya mengenai persiapannya sebagai pedagang, Suhardi menyatakan dari dulu juga dia sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Tapi keadaan rupanya tidak bersahabat.


    "Dari dulu sudah dipersiapkan. Tetapi kan barang sudah terbeli, keadaan begini, tak bisa dijual. Kami tidak jualan online. Selama tiga bulan ini tidak ada pemasukan," ujar Suhardi kepada RRI, Minggu (7/6/2020).


    Suhardi berjualan baju muslim di Blok A, Lantai V, Kios Nomor 60. Sehingga, dengan aturan buka toko dimana nomor kios buka harus sesuai dengan tanggal ganjil-genap, dia baru buka lagi pada 16 Juni 2020.


    "Ini juga (informasi mulai buka kembali) orang belum pada tahu lagi," ujarnya menambahkan.


    Berbeda dengan Adi, pedagang sandal di depan pertokoan Tanah Abang sudah mulai berdagang walau pertokoan belum buka. Dirinya mulai berjualan pukul sembilan pagi hingga pukul 17.00 WIB sore.


    Baginya, tidak ada bedanya antara berdagang menunggu pertokoan buka 15 Juni atau tidak. Karena statusnya adalah pedagang kaki lima.


    Lobby Utama Metro Tanah Abang masih tutup dan nampak lengang (Miechell/KBRN)


    "Ya bagaimana lagi namanya gak punya modal. Mau kontrak toko harus pakai modal juga. Jadi kaki lima saja. Kadang jika ada razia saya tutup dulu, namanya salah, melanggar, tapi apa daya. Saat kamtib lewat saya tutup saja (sudah itu buka lagi)," tuturnya kepada RRI.


    Seperti diberitakan sebelumnya, menuju waktu pembukaan Pasar Tanah Abang 15 Juni nanti, aparat keamanan gabungan harus memastikan bahwa protokol kesehatan ditegakkan. Baik itu oleh pedagang maupun para pelanggan yang hendak berbelanja.


    Inspektur dua polisi (Ipda) Suwarta, Kepala Sub Sektor Kampung Bali, Tanah Abang, mengutarakan hal itu kepada RRI, Minggu (7/6/2020) siang.


    "Selama Covid-19, transisi menuju Tatanan Kehidupan Baru, kami diturunkan di sini gabungan, dari Polsek Tanah Abang, TNI, termasuk security, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub)," ujar Suwarta kepada RRI.


    Total petugas yang diturunkan sebanyak 137 personel gabungan. Namun khusus untuk Polsek Tanah Abang ada sembilan orang.


    "Polsek Tanah Abang sendiri hanya sembilan orang," kata dia.


    Posko pemantauan menjadi sentral pengawasan di seluruh wilayah Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dari posko inilah nantinya petugas akan menyebar guna mengedukasi masyarakat serta warga sekitar maupun para konsumen Pasar Tanah Abang agar mematuhi protokol kesehatan.


    "Ini posko saja (pusat pemantauan). Sementara untuk pedagang kaki lima yang berada di sekitar Stasiun Tanah ABang itu sudah ditangani, bukan wilayah kami. Tapi di sana juga sudah ada polisi," imbuhnya.


    Berdasarkan pantauan RRI, petugas dari unsur TNI berkeliling kawasan bisnis Pasar Tanah Abang menggunakan sepeda untuk mengedukasi warga serta pedagang mengenai protokol kesehatan


    Sumber : rri.co.id

    Oleh      : Redaksi jaguarnews77.com

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini