• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Iklan 928 X 200 Pixel


    Petani di Asem Cibadak Lebak Banten Panen Raya Padi di Tengah Geger Corona

    14/05/20, 23:42 WIB Last Updated 2020-05-14T16:54:15Z
    jaguarnews77.com # Lebak - Sektor pertanian merupakan tumpuan ekonomi utama masyarakat kampung Legok desa Asem kecamatan Cibadak kabupaten Lebak Banten . 


    Adanya wabah Covid-19 saat ini tidak menjadi halangan dalam sektor tersebut untuk segera melakukan panen padi terbukti dengan datangnya waktu untuk di panen . 

    Untuk diketahui bahwa masyarakat setempat hanya bertumpu pada sektor pertanian untuk memenuhi kebutuhan pangan.


    Meskipun pemerintah menghimbau untuk memutus penyebaran Covid-19, petani di sini tetap bekerja dengan tetap mengikuti arahan pemerintah demi menjaga ketersediaan pangan. Beberapa kampung di desa Asem khususnya disebut sudah memasuki waktu panen.

    "Sementara para pejuang kesehatan serta seluruh masyarakat sedang berjuang untuk mengatasi wabah virus corona, para petani di Legok Asem juga berjuang demi menjaga ketahanan pangan kita semua," ujar Kiki Alawiah S.Kom jebolan universitas muhammadiyah tangerang tahun 2019 yang berhasil di temui awak media saat jemur padi, Selasa (14/05/2020).


    Seorang warga Pasirandu yang tidak mau di sebutkan namanya di lokasi Panen padi berharap panen akan selesai sebelum lebaran tiba, dikarenakan bisa terbengkalai bila belum selesai hingga idul fitri nanti.


    " Saya berharap padi bisa selesai di panen sebelum waktu lebaran tiba  karna kalau tidak selesai sebelum Lebaran bisa terbengkalai terpotong budaya silaturahim keluarga. Sehingga petani menggunakan mesin rotogan atau kincir demikian istilah sebutan mesin yang kali ini di gunakan utk kejar waktu." ungkapnya

    Akan tetapi ada juga yg masih menggunakan cara lama atau manual seperti yang di lakukan masyarakat kampung legok Asem.


    Ibu Koyum (43) turut memaparkan pada awak media, "Kami masih tetap menggunakan cara lama karena lebih murah seperti dengan memanting padi pada sebuah bantalan yang dibuat dari bambu atau dari kayu.
    Koyum menambahkan alhamdulilah panen tahun ini hasilnya rata rata bagus semua" tutupnya.


    Reporter : Bardha Khaswandha
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini