• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Iklan 928 X 200 Pixel

    Dikepung Banjir, Warga di Desa Gubugan Cibeureum Berhamburan Keluar

    14/05/20, 19:38 WIB Last Updated 2020-05-14T12:38:37Z
    jaguarnews77.com # Lebak - Sungai Cibeureum, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Banten, tepatnya di dua Kampung, yakni Kampung Bongkok dan Kampung Lembur Lojor, Desa Gubugan Cibeureum, meluap pagi ini Kamis (14/05/2020), sekira pukul 02. 00 WIB, dimana saat warga hendak mempersiapkan untuk sahur di bulan suci Ramadhan 1441 Hijriah ini. 

    Akibat dikepung banjir dari luapan sungai Cibeureum tersebut, warga yang bermukim di daerah aliran sungai (DAS) Cibeureum pun panik dan berhamburan keluar.

    Pantauan dilokasi banjir, mereka berhamburan keluar memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman karena debit air luapan dari sungai tersebut kian naik khawatir terjadi banjir bandang. Mereka memilih mengungsikan diri ke kampung yang letaknya cukup tinggi.

    "Takut banjir bandang, ya kami lebih memilih untuk mengamankan diri dulu ke sini (kampung Caringin)," ujar Fitri (28), salah seorang warga Kampung Bongkok, Desa setempat. 

    Kepala Desa (Kades) Desa Gubugan Cibeureum, Mumuh mengatakan, berdasarkan pantauan, ketinggian air naik hingga 1 meter, dari ketinggian air normal. Warga yang bermukim di daerah aliran sungai (DAS) Cibeureum dimohon untuk waspada.


    "Air naik hingga 1 meter dari ketinggian air normal, warga yang berada di sekitaran daerah aliran sungai (DAS) dimohon untuk waspada," terangnya, seraya Kades pun turut mengungsi bersama warga karena rumahnya juga ikut terendam banjir. 

    Dilokasi banjir juga nampak Babinkabtimas Desa Gubugan Cibeureum, Brigadir Rudi Maryanto didampingi Mufrodi Tokoh Masyarakat Desa setempat turut membantu mengevakuasi warga. 


    "Kami mengimbau warga untuk mengungsi dan tetap waspada serta untuk tidak panik," katanya. 


    Hingga berita ini diterbitkan, saat memasuki Imsak pada pukul 04.30 WIB terpantau warga masih tinggal di pengungsian mengungsi di kampung Caringin yang jaraknya tidak jauh dari kedua kampung yang terendam banjir tersebut. 


    Hujan terjadi sejak Rabu (12/05/2020) pukul 23.00 hingga pukul 01.00 WIB, debit air semakin meningkat, selain merendam Kampung Bongkok dan Kampung Lembur Lojor, informasi juga diperoleh, yakni kampung Cidadap dan Kampung Jamlaung juga masih di desa setempat ikut terendam banjir akibat luapan sungai Cibeureum. 


    Reporter: Bardha Khaswandha
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini