• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Iklan 928 X 200 Pixel

    Setelah Jakarta, Kini Depok, Bekasi, Bogor dan Tangerang Raya Bersiap PSBB

    10/04/20, 21:28 WIB Last Updated 2020-04-10T14:33:37Z


    JAGUARNEWS77.COM # Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan telah memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta yang berlaku mulai Jumat, 10 April 2020, pukul 00.00 WIB. Dengan diberlakukannya PSBB ini seluruh aktivitas warga dan mobilitas moda transportasi di DKI dibatasi.


    Ada sejumlah kantor yang masuk dalam pengecualian dan tidak terkena aturan PSBB, Pertama kantor instansi pemerintahan baik pusat atau daerah. Kedua kantor perwakilan diplomatik dan organisasi internasional, ketiga badan usaha milik negara dan badan usaha milik daerah.


    Untuk sektor swasta, ada juga beberapa sektor perkantoran swasta yang masih diperbolehkan untuk menjalankan aktivitasnya yaitu, pertama sektor usaha kesehatan, kedua sektor pangan makanan dan minumam, ketiga energi, keempat teknologi dan informasi, kelima keuangan, keenam logistik, ketujuh konstruksi, delapan industri strategis, sembilan pelayanan dasar dan utilitas publik serta industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional atau objek tertentu, dan sepuluh adalah sektor swasta yang melayani kebutuhan sehari.


    Dalam sektor pembangunan infrastruktur, Anies mengatakan pengelola proyek wajib untuk menyediakan tempat tinggal dan fasilitas kesehatan. Pengelola proyek juga diwajibkan menyediakan tempat makan bagi para pekerjanya.


    Setelah Jakarta, kini wilayah-wilayah yang berdekatan dengan Jakarta bersiap menerapkan PSBB. Pemerintah Kota Bekasi mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kepada pemerintah pusat, hal tersebut dilakukan menyusul kebijakan yang  telah diterapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, mulai hari ini, Jumat (10/4/2020).


    Selain Kota Bekasi, ada empat daerah di Jawa Barat yang mengajukan hal tersebut diantaranya Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kota Bogor.


    Hal itu di sepakati saat Rapat terbatas dengan Wakil Presiden RI,  pada hari Rabu (8/4/2020) kemarin, bahwa Jabodetabek dihitung sebagai satu unit kesatuan zona. Dengan demikian apapun kebijakan yang dilakukan DKI Jakarta, Bodetabek bisa melakukan hal yang sama.


    PSBB yang akan diterapkan oleh lima daerah itu merupakan satu zonasi dengan PSBB DKI Jakarta yang merupakan episentrum penyebaran virus corona atau Covid-19.


    Walikota Bekasi Rahmat Effendi sangat berharap, PSBB bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19.


    Hal yang sama dikatakan Wali Kota Depok Mohammad Idris soal PSBB. Idris menyatakan kesiapannya untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) agar dapat memerangi penyebaran Covid 19.


    Kemudian pembatasan kegiatan keagamaan, pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum, pembatasan kegiatan sosial budaya dan pembatasan moda transportasi.


    Hal ini kata dia, mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman PSBB dalam rangka Percepatan Penanganan COVID-19. Demikian pula untuk persiapan-persiapan lainnya, termasuk di dalamnya untuk jaring pengaman sosial.


    Namun demikian, lanjut Idris, teknis PSBB di Kota Depok untuk semua sektor belum dapat disampaikan pada saat ini, mengingat status PSBB Kota Depok masih dalam proses pengajuan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat ke Kementerian Kesehatan RI.


    Setelah Depok dan Bogor bersiap-siap ajukan PSBB. Tangerang Raya, pun bersiap untuk terapkan PSBB.


    Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, Pemkot Tangerang telah mengajukan surat kepada Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) terkait rencana pelaksanaan PSBB di wilayah Kota Tangerang. “Suratnya dikirim hari ini (kemarin), intinya meminta arahan tentang rencana PSBB. Mekanismenya akan diatur lebih lanjut menunggu arahan dari provinsi,” kata Arief.


    Sementara Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar siap menerapkan kebijakan PSBB di wilayahnya. Tetapi kebijakan tersebut, kini masih dalam kajian mulai dari penyelarasan jaring pengaman sosial. Walikota Tangerang Selatan Airin pun telah mengajukan agar diterapkannya PSBB di Tangsel.


    Sumber : m.rri.co.id

    Oleh      : Redaksi jaguarnews77.com


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini