• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Iklan 928 X 200 Pixel


    Produksi dan Sebar Hoaks Terkait COVID-19 Dendanya Sampai 1 Miliar!

    18/04/20, 23:00 WIB Last Updated 2020-04-18T16:02:52Z


    jaguarnews77.com # Jakarta - Melihat akan tingginya tingkat penyebaran informasi bohong atau hoaks terkait dengan wabah pandemi global virus Corona jenis baru atau COVID-19, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan bahwa akan memberikan sanksi dengan tegas bagi para pelaku yang memproduksi dan menyebarkan informasi bohong atau hoaks tersebut.


    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Jhonny G Plate mengatakan sanksi tegas berupa tindakan hukum tersebut, yakni dengan mengacu pada undang-undang No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), dengan ancaman denda hingga Rp 1 Miliar.


    "Tindakan memproduksi maupun meneruskan hoaks adalah tindakan melanggar hukum. Itu berpotensi dikenakan pasal pidana yang bisa sampai lima hingga enam tahun penjara dan denda Rp 1 miliar,” kata Menkominfo Johnny G Plate, dalam konferensi pers yang dilangsungkan di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Gedung Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (18/4/2020).


    Hal tersebut dijelaskan Jhonny, yakni dengan merujuk pada pasal 45A ayat (1) UU ITE. Dimanadalam pasal itu disebutkan bahwa, setiap orang yang sengaja menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam transaksi elektronik bisa dikenakan pidana penjara paling lama enam tahun dan/atau denda maksimal Rp 1 miliar.


    Dengan adanya ketegasan tersebut, lebih lanjut Jhonny G Plate mengharapkan adanya kesadaran masyarakat untuk dapat secara bijak, membatasi penggunaan ruang digital ditengah perkembangan teknologi dan informasi dalam masa-masa pandemi COVID-19.


    "Kami berharap masyarakat menyadari saatnya sekarang kita untuk membatasi diri kita dan menggunakan semua ruang digital kita, smartphone yang kita miliki dan secara khusus kecerdasan kita menggunakan seluruh fasilitas yang dimiliki dan disesiakan oleh bangsa ini dengan baik," tutup Menkominfo Jhonny G Plate


    Sumber : rri.co.id

    Oleh      : Redaksi jaguarnews77.com

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini