• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Iklan 928 X 200 Pixel

    "/>

    Disorot Demokrat, Pendiri Ruangguru Jelaskan Keterlibatan di Kartu Prakerja

    15/04/20, 13:19 WIB Last Updated 2020-04-15T06:20:53Z

    ruangguru
    Iman Usman dan Belva Devara (Foto: Ruangguru)

    jaguarnews77.com # Jakarta - Co-founder Ruangguru Iman Usman menjelaskan soal keterlibatan unit usahanya yang dinamakan Skill Academy by Ruangguru yang menjadi mitra resmi pemerintah di program kartu Prakerja. Iman menjelaskan dirinya sebagai pengambil keputusan tertinggi di perusahaan itu.


    "Sedari awal proses diskusi, saya sudah menjadi pengambil keputusan tertinggi dari Ruangguru dan mengepalai segala bentuk korespondensi antara @skillacademy_id dan pihak pemerintah," tulis Iman dalam akun Twitter-nya, seperti dilihat detikcom, Rabu (15/4/2020).


    Untuk diketahui, Ruangguru diinisiasi bersama oleh Adamas Belva Syah Devarasebagai Chief Executive Officer (CEO) dan Iman Usman sebagai Chief Product Officer (CPO). Belva kini menjabat salah satu staf khusus milenial Presiden Joko Widodo (Jokowi).

    "Serupa dengan Kartu Prakerja, masyarakat bisa memilih pelatihan dari 8 platform digital yang sudah dianggap memenuhi syarat. Apa saja persyaratannya dan bagaimana mekanisme penunjukannya, saya rasa Kemenko Perekonomian dan Project Management Office (PMO) yang mengelola ini lebih tepat untuk menjelaskan," ujar Iman.



    Menurut Iman, pemerintah dalam berbagai kesempatan juga telah menyebutkan jumlah platform ke depan akan terus bertambah. Karena itulah, Iman menegaskan tidak ada keharusan pengguna memilih Skill Academy.

    "Sampai saat ini, sudah >2000 kelas yang disetujui dari puluhan lembaga pelatihan (dan terus bertambah). Jadi, opsi yang dimiliki pengguna luas dan tidak ada kewajiban pengguna harus memilih @skillacademy_id," cuitnya.


    Pekerja dan Pelaku Usaha Mikro Bisa Ikut Program Kartu Prakerja:

    Iman mengatakan mayoritas pendanaan langsung digunakan untuk cash transfer. Sehingga menurutnya, mayoritas dana pelatihan yang dijadikan bantuan ekonomi, bukan sebaliknya.


    "Jadi @skillacademy_id bukan lahir karena ada program Prakerja apalagi untuk memanfaatkan situasi pandemik COVID-19 saat ini," tegasnya.


    "Gagasan dari awalnya adalah untukupskilling dan reskilling SDM di Indonesia. Program serupa sebenarnya sudah ada di beberapa negara, seperti Singapura dengan Future Skills Credit-nya. Konsepnya sama, bahwa negara mensubsidi pengembangan kapasitas masyarakatnya," lanjut Iman.



    Sebelumnya, Wasekjen Partai Demokrat Rachland Nasidik menyinggung keterlibatan aplikasi Ruangguru yang didirikan oleh salah satu staf khusus Jokowi, Adamas Belva Syah Devara di program kartu Prakerja. Rachland menyoroti secara khusus.

    "Perusahaan yang dipimpin stafsus Milienial Presiden jadi salah satu mitra pemerintah dalam menjual pelatihan online bagi peserta kartu prakerja. Total anggaran dari negara: Rp 5,6 Triliun," cuit Rachland dalam akun Twitter-nya, seperti dilihat detikcom, Rabu (15/4).


    "Kini kita tahu apa guna pasal 'kekebalan hukum' dalam Perppu Covid-19 itu," imbuhnya.


    Sumber : detik.com

    Oleh      : M Alviyan

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini