• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Iklan 928 X 200 Pixel


    Indonesia Memanggil! Dicari 7 Negarawan Pengawas 'Wakil Tuhan'

    16/04/20, 11:51 WIB Last Updated 2020-04-16T04:52:36Z

    Gedung Komisi Yudisial (KY)
    Foto: Gedung KY (Ari Saputra/detikcom)

    jaguarnews77.com # Jakarta - Pimpinan Komisi Yudisial (KY) periode 2015-2020 akan segera berakhir. Oleh sebab itu, dicari 7 orang untuk menjadi komisioner yang bertugas mengawasi perilaku hakim atau 'Wakil Tuhan'.


    KY merupakan anak kandung reformasi dan tertuang dalam UUD 1945 dengan tugas mengawasi perilaku dan menjaga kehormatan hakim.


    "Pendaftaran seleksi Calon Anggota Komisi Yudisial (KY) secara resmi telah dibuka sejak 1 April 2020 dan akan ditutup pada 22 April 2020 mendatang," kata Ketua Pansel Maruarar Siahaan dalam siaran pers yang dirilis oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kamis (16/4/2020).


    Adapun anggota Pansel KY, yaitu Harkristuti Harkrisnowo, Edward Omar Sharif Hiariej, Ahmad Fikri Assegaf, dan I Dewa Gede Palguna. Pansel dipilih oleh Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 28/P Tahun 2020 tanggal 11 Maret 2020.

    "Pansel dibentuk untuk merekrut anggota KY secara transparan, partisipatif, objektif, dan akuntabel," kata Maruarar.


    Sesuai tugasnya, pansel mengumumkan dan melakukan pendaftaran penerimaan para calon, kemudian menyeleksi dan menentukan tujuh orang serta menyampaikannya kepada Presiden untuk diteruskan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).


    Sementara itu, Sekretaris Jenderal Komisi Yudisial Tubagus Rismunandar Ruhijat mengapresiasi langkah pansel dalam mencari calon anggota KY Periode 2020-2025. Ia yakin, pansel calon Anggota KY tersebut akan dapat menjamin kemunculan kandidat calon Anggota KY yang berkapabilitas dan berintegritas.


    "Kami yakin proses seleksi akan menghasilkan sosok calon anggota KY yang memiliki kapabilitas, berintegritas baik, dan kepribadian yang tidak tercela," ujar Tubagus Rismunandar.

    Ia juga berharap agar anggota KY yang terpilih dapat meningkatkan sinergi dan menjalin komunikasi yang intens dengan stakeholder, seperti Mahkamah Agung (MA), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), lembaga negara lainnya, dan aparat penegak hukum lainnya.


    "Dengan mengedepankan sinergi antar lembaga diyakini akan meningkatkan kinerja yang positif. Sehingga cita-cita peradilan bersih dan menjaga integritas hakim dapat terwujud," pungkas Tubagus Rismunandar.


    Sumber : detik.com

    Oleh       : M Alviyan

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini