JAGUAR NEWS 77 # JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, kementeriannya akan menjadi pioner dalam penerapan penggunaan robot untuk menggantikan peran pejabat eselonIII dan IV.
"Ya kami sudah mempersiapkan, Bappenas jadi contoh pertama nanti," kata Suharso saat ditemui di Hotel Aryaduta, Jakarta, Jumat (29/11/2019).
Namun Suharso tak menjelaskan lebih detail kapan akan mempraktekkan penggunaan robot kecerdasan buatan alias artificial intelligence/AI tersebut dan mekanisme kerjanya.
"Kami lagi uji coba dulu ya tahun depan," singkat Suharso.
Diharapkan, penggunaan robot itu bisa memangkas birkorasi serta menghilangkan praktik kolusi maupun korupsi.
Presiden Joko Widodo, sebelumnga juga memerintahkan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo, untuk mengganti kinerja eselon III dan IV dengan robot AI.
"Saya sudah perintahkan kepada MenPAN untuk mengganti dengan AI. Kalau diganti dengan artificial intelligence, birokrasi akan lebih cepat," kata Jokowi.
Akan tetapi, Jokowi menegaskan bahwa ini semua tergantung pada omnibus law yang sedang disusun oleh Pemerintah.
Melalui omnibus law ini Pemerintah akan merevisi sebanyak 74 Undang-Undang termasuk terkait pemangkasan aparatur sipil negara (ASN).

SUMBER : SUARA.COM
OLEH : REDAKSI JAGUARNEWS77