• Jelajahi

    Copyright © JAGUAR NEWS 77
    Best Viral Premium Blogger Templates

    More Post

    Iklan 928 X 200 Pixel

    TANGGAPAN TEMPO ATAS PUTUSAN DEWAN PERS SOAL "TIM MAWAR"

    13/07/19, 16:05 WIB Last Updated 2019-07-13T09:07:33Z


    Tanggapan Tempo atas Putusan Dewan Pers soal Tim MawarGedung Dewan Pers (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
    JAGUAR NEWS 77 # Jakarta Dewan Pers menyatakan penyebutan 'Tim Mawar' dalam pemberitaan majalah Tempo melanggar kode etik jurnalistik. Tempo menghormati keputusan Dewan Pers dan siap melaksanakan rekomendasi Dewan Pers.

    "Tempo selalu mematuhi apa pun putusan Dewan Pers. Karena itu, besok kami akan muat hak jawab dari Pak Chairawan (Mayjen TNI Purn Chairawan) akan dimuat di majalah Tempo edisi berikutnya," kata Pemimpin Redaksi Tempo Budi Setyarso saat dihubungi, Sabtu (13/7/2019).



    Budi menjelaskan, dalam putusan itu, Dewan Pers sebenarnya mempersoalkan penjudulan, bukan konten liputan. Menurutnya, konten peliputan sudah sesuai dengan etik, tapi memang judul 'Tim Mawar dan Rusuh Sarinah' dianggap menghakimi Tim Mawar.

    "Cuma ada satu item yang disebut menghakimi, yaitu judulnya 'Tim Mawar' itu jadi sebetulnya konsepnya, bukan konten liputannya yang dipersoalkan Dewan Pers, tapi judulnya yang mengambil judul 'Tim Mawar'. Dan dalam pertemuan dengan Dewan Pers kami,Tempo sudah menjelaskan bahwa judul 'Tim Mawar' itu diambil dari wawancara Pak Oka (Fauka Noor Farid, salah satu anggota Tim Mawar). Pak Oka kan menyebut, ya, 'Kami, Tim Mawar, selalu disalahkan...' dan seterusnya itu diksi 'Tim Mawar' itu sebetulnya dari Pa Oka," jelasnya.



    Untuk itu, Tempo kembali menegaskan menghormati keputusan Dewan Pers. Budi menambahkan Tempo juga akan menerbitkan hak jawab dari Mayjen TNI (Purn) Chairawan pada edisi berikutnya.

    "Tentu Tempo menaati Dewan Pers itu dan karenanya dalam penerbitan terbaru besok hak jawab dari Bapak Chairawan akan kami muat sebagai pelaksana rekomendasi Dewan Pers," ujarnya.
    SUMBER : DETIKNEWS.COM
    OLEH : M Alviyan Ketua Korwil
                  DKI Jakarta JAGUARNEWS 77
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini